Monday, November 10, 2014

TSANTAAA BAB IX MANAJEMEN KEUANGAN PERUSAHAAN


DOSEN                   : ROWLAND BISMARK FERNANDO PASARIBU
MATA KULIAH     : PENGANTAR BISNIS (SOFTSKILL)
TANGGAL POST   : 11 NOVEMBER 2014
SESUAI SAP BAB IX MANAJEMEN KEUANGAN PERUSAHAAN
UNIVERSITAS GUNADARMA 2014



BAB 9 MANAJEMEN KEUANGAN PERUSAHAAN

Manajemen keuangan perusahaan adalah aktivitas yang terkait dengan perencanaan dan pengendalian perolehan serta pendistribusian aset-aset keuangan perusahaan.
9.1 PERAN DAN TANGGUNG JAWAB MANAJER KEUANGAN
Peran dan tanggung jawab manajer keuangan meliputi perolehan dana, pengumpulan dana, pembayaran utang perusahaan, pengendalian keseimbangan kas perusahaan, serta perencanaan kebutuhan keuangan. Secara keseluruhan, tanggung jawab utamanya adalah meningkatkan nilai perusahaan atau dengan kata lain bagaimana meningkatkan kesejahteraan para pemegang saham perusahaan.
9.1.1 Penganggaran Modal (Capital Budgeting)
Adalah seluruh proses perencanaan dan pengambilan keputusan yang berkenan dengan pengeluaran dana yang jangka waktu pengembaliannya melebihi satu tahun.
9.1.2 Penggolongan Investasi Aktiva Tetap dan Pemilihan Alternatif
Tersedia berbagai cara penggolongan usulan investasi dalam aktiva tetap, diantaranya :
1. Investasi Penggantian
2. Investasi Penambahan Kapasitas
3. Investasi Penambahan Jenis Produk Baru
4. Investasi Lain-lain
9.1.3 Metode Penilaian Investasi
Penganggaran modal menempati posisi penting, karena sebelum perusahaan memutuskan akan melaksanakkan suatu usulan investasi tertentu, sangat perlu melakukan evaluasi atas kelayakan investasi tersebut. Beberapa penggolongan metode yang dapat digunakan dengan kelebihan serta kelemahannya masing-masing akan dibahas pada bagian ini :
1. Metode yang mendasarkan perhitungan atas keuntungan akuntansi
2. Metode yang mendasarkan perhitungan atas dasar cash flow (arus kas)
9.1.4 Arus Kas Masuk (cash inflow) & Arus Kas Keluar (Cash Outflow)
Setiap usulan pengeluaran modal selalu mengandung dua macam aliran kas yaitu :
1. Aliran kas keluar netto, yaitu aliran uang tunai yang dibutuhkan untuk investasi baru
2. Aliran kas masuk netto, yaitu aliran uang tunai masuk sebagai hasil dari investasi baru dan sering pula disebut net cash proceeds.

9.1.5 Metode Accounting Rate of Return/Average Rate of Return
Metode ini menggunakan presentase keuntungan netto setelah pajak atas investasi awal atau rata-rata investasi awal. Data keuntungan dalam perhitungan ini diperoleh dari reported accounting income.
Kelebihan dari metode ini :
         Sederhana dan mudah dimengerti
         Metode ini menggunakan data akuntansi yang sudah tersedia sehingga tidak memerlukan perhitungan tambahan
Kelemahan dari metode ini :
         Tidak memperhitungkan "time value of money"
         Menitikberatkan pada laba akuntansi dan bukan pada arus kas dari investasi bersangkutan
         Merupakan pendekatan jangka pendek dengan menggunakan angka rata-rata yang dapat menyesatkan
         Kurang memperhitungkan jangka waktu investasi
9.1.6 Metode Masa Pengambalian Investasi
Metode ini mendasarkan perhitungan pada arus kas investasi. Dalam metode ini akan dihitung, berapa lama arus kas masuk dapat menutupi aliran kas keluar yang dipakai sebagai investasi awalnya. Salah satu kebaikan metode payback period adalah mudah dimengerti dan mudah diterapkan. Sedangkan kelemahan dari metode payback period adalah :
• Mengabaikan penerimaan-penerimaan investasi atau proceeds yang diperoleh sesudah payback period tercapai, sehingga kriteria ini bukan alat pengukur profitability, melainkan hanya alat pengukur rapidity kembalinya dana.
• Metode  ini juga mengabaikan "Time value of money"

9.1.7 Metode Net Present Value
Adalah metode yang cukup populer digunakan dalam penilaian investasi karena mampu mengatasi kelemahan dari metode penilaian lain yaitu memperhatikan nilai waktu dari uang (time value of money)
9.1.8 Metode Profitability Index
Pada prinsipnya, metode ini memiliki kelebihan dan kelemahan yang hampir sama dengan metode NPV. Menurut metode ini, sebuah usulan investasi akan diterima apabila angka Profitability Index (PI) dari usulan tersebut menjadi pelengkap bagi perhitungan dalam menentukan usulan investasi mana yang akan dipilih apabila perusahaan memiliki keterbatasan dana.
9.1.9 Metode Internal Rate of Return (IRR)
Didefinisikan sebagai tingkat bunga yang akan menjadi nilai sekarang dari proceeds yang diharapkan akan diterima sama dengan nilai sekarang dari pengeluaran modal. Dengan kata lain Internal Rate of Return adalah suatu tingkat bunga  yang menghasilkan NPV suatu investasi sama dengan nol.


9.2 PERENCANAAN KEUANGAN (FINANCIAL PLANNING)
Rencana keuangan adalah tencana usaha untuk mencapai posisi keuangan yang dicari di masa mendatang. Untuk membangun rencana keuangan, perlu dicermati beberapa pertanyaan Sbb :
- Berapa jumlah dana yang harus dimiliki perusahaan agar dapat menutup kebutuhan jangka pendeknya ?
- Kapan dana tersebut dibutuhkan ?
- Dari mana diperoleh untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek maupun jangka panjangnya ?
9.2.1 Mengapa Perusahaan Membutuhkan Dana ?
Setiap perusahaan membutuhkan dana untuk tetap beroperasi, karna kegagalan dalam membayar pemasok dapat membuat bangkrutnya usaha. Manajer harus dapat membedakan dua jenis pengeluaran :
1. Pengeluaran Jangka Pendek
Adalah pengeluaran yang muncul dalam aktivitas bisnis sehari-hari. Pengeluaran jangka pendek meliputi dana yang ditanamkan pada persedian, pengeluaran untuk pembayaran upah dan gaji karyawan, serta biaya operasi lainnya.
2. Pengeluaran Jangka panjang
Sebagai tambahan untuk memenuhi kebutuhan dana bagi pengeluaran operasionalnya, perusahaan juga membutuhkan dana untuk membiayai pengeluaran aktiva tetap. Aktiva tetap adalah aktiva yang memiliki nilai dan masa pemakaian panjang contohnya, investasi tanah, gedung dan pembelian mesin-mesin.

9.2.1 Pembelanjaan/Pembiayaan Perusahaan
Untuk memenuhi kebutuhan akan pengeluaran jangka pendek maupun jangka panjang, perusahaan membutuhkan dana yang tidak saja dapat dipenuhi oleh kemampuan modal awal dari pemilik serta kemampuannya dalam menghasilkan laba, tetapi juga dana dari luar perusahaan seiiring dengan perkembangan kemajuan usahanya,

sumber : Fuad, M dkk. 2000.Pengantar Bisnis. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.




ATTENTION : NO COPY PASTE !!!!, NO COPY PASTE!!!! , NO COPY PASTE !!!!. HARGAI KERJA KERASKU MERANGKUM BAB INI SEHARIAN. TERIMA KASIH :)



No comments:

Post a Comment