Thursday, November 6, 2014

TSANTAAA BAB II PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN

DOSEN                   : ROWLAND BISMARK FERNANDO PASARIBU
MATA KULIAH     : PENGANTAR BISNIS (SOFTSKILL)
TANGGAL POST : 6 NOVEMBER 2014
SESUAI SAP BABI PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN
UNIVERSITAS GUNADARMA 2014

BAB 2 PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN

2.1 PERUSAHAAN
Perusahaan adalah suatu unit kegiatan yang melakukan aktivitas pengolahan faktor-faktor produksi, untuk menyediakan barang-barang dan jasa bagi masyarakat, mendistribusikannya, serta melakukan upaya-upaya lain dengan tujuan memperoleh keuntungan dan memuaskan kebutuhan masyarakat.

2.2 TEMPAT DAN KEDUDUKAN DAN LETAK PERUSAHAAN
Tempat dan letak perusahaan adalah salah satu faktor pendukung penting yang dapat menjamin tercapainya tujuan perusahaan. Ketepatan pemilihan letak dan tempat perusahaan akan memberikan bantuan yang sangat berharga, baik dalam kaitannya dengan kemudahan.

2.2.1 Tempat Kedudukan Perusahaan
Adalah kantor pusat perusahaan tersebut. Pada umumnya dipengaruhi faktor kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga lain, seperti lembaga pemerintah, lembaga keuangan, pelanggan, dsb.

2.2.2 Letak Perusahaan
Adalah tempat perusahaan melalkukan kegiatan fisik/pabrik, dipengaruhi oleh faktor ekonomi dan merupakan salah satu faktor penting yang menunjang efisiensi perusahaan terutama dalam kaitannya dengan biaya. Faktor-faktor yang mempengaruhi biaya :
- Harga dan bahan mentah
- Tingkat upah buruh
- Tanah
- Pajak
- Tingkat bunga
- Biaya alat produksi tahan lama
- Biaya atas jasa pihak ketiga

2.2.3 Jenis-jenis Letak Perusahaan
Dibedakan menjadi 4, yaitu :
1. Terikat keadaan alam
Pada umumnya karena ketersediaan dan kemudahan bahan baku. Perusahaan yang berkaitan dengan bahan-bahan tambang pada umumnya terletak di daerah faktor produksi alamnya.
2. Terikat Sejarah
Perusahaan  menjalankan aktivitasnya di suatu daerah tertentu karena alasan yang hanya dapat dijelaskan berdasarkan sejarah.
3. Terikat oleh Pemerintah
Letak perusahaan ditentukan oleh pemerintah atas dasar pertimbangan keamanan, politik, kesehatan, dsb.
4. Dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi
Berpengaruh penting dalam kaitannya dengan pemilihan letak perusahaan yang bersifat industri  adalah kedekatan dan ketersedian bahan mentah, ketersedian tenaga air, ketersedian tenaga kerja, ketersedian modal, kemudahan transportasi serta kedekatan pasar dan kesesuain iklim.

2.3 PERUSAHAAN DAN LEMBAGA SOSIAL
Dalam pendekatan ekonomi, pemisahan terpenting dalam menganalisis kegiatan perusahaan adalah perusahaan akan melakukan kegiatan produksinya hingga mencapai tingkat keuntungan maksimum. Di sisi lain perusahaan merupakan suatu unit kegiatan produksi yang menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat. Unit kegiatan seperti ini disebut sebagai lembaga sosial seperti halnya lembaga sosial lainnya, misalnya kehidupan keluarga, RT, Yayasan, Koperasi dsb. 

2.3.1 Tujuan Pendirian Perusahaan
Secara umum tujuan pendirian perusahaan dapat dibedakan menjadi tujuan ekonomis dan tujuan sosial. Tujuan ekonomis berkenan dengan upaya perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya, dalam hal ini perusahaan berupaya menciptakan laba, menciptakan pelanggan, dan menjalankan upaya-upaya pengembangan dengan memusatkan perhatian pada kebutuhan masyarakat dalam hal produk yang diinginkan, kualitas, harga, kuantitas, waktu pelayanan, kegunaan produk yang berkesinambungan sehingga perusahaan mampu mencapai competitive advantage dan comparative advantage dalam jangka panjang. Sedangkan untuk tujuan sosial, perusahaan diharapkan untuk memperhatikan keinginan investor, karyawan, penyedia faktor-faktor produksi, maupun masyarakat luas. Kedua tujuan perusahaan tersebut saling mendukung untuk mencapai tujuan utama perusahaan, yaitu memberikan kepuasaan kepada keinginan konsumen ataupun pelanggan.
Dengan demikian yang membedakan perusahaan dengan lembaga sosial terletak pada penekanan/prioritas perusahaan terhadap laba, kelangsungan hidup dan tanggung jawab sosial.
Lembaga sosial lebih menitikberatkan prioritasnya pada tanggung jawab sosial. Sebaliknya, perusahaan yang beorientasi pada perolehan keuntungan.


2.3.2 Perusahaan Sebagai Suatu Sistem
Sistem adalah suatu kesatuan dari unit-unit yang saling berinteraksi, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Perusahaan adalah suatu sistem karena merupakan kombinasi dari berbagai sumber ekonomi tang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi proses produksi serta distribusi barang dan jasa untuk mencapai tujuan tertentu.
Secara umum, dunia usaha didirikan untuk memenuhi keinginan manusia akan barang dan jasa. Dengan demikian perusahaan harus memperhitungkan dampak sosial ekonomi yang akan dirasakan oleh pihak-pihak terkait dengan kebijakan yang diambilnya. Dalam hal ini, tanggung jawab sosial perusahaan berhubungan dengan perusahaan lain, konsumen, karyawan, investor, masyarakat secara keseluruhan, lingkungan eksternal maupun alam.
2.3.3 Sifat Sistem Perusahaan
Sistem perusahaan memiliki beberapa sifat :
(1) Kompleks
Secar keseluruhan, unit-unit perusahaan akan saling berkerja sama dan saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan perusahaan. Hubungan yang terjadi itu sangat kompleks bila penelusuran dilakukan secara menyeluruh.
(2) Sebagai Suatu Kesatuan/Unit
Dalam kenyataannya, walaupun perusahaan terdiri atas banyak bagian, proses kegiatan yang dijalankan tidak memungkinkan mereka untuk berjalan sendiri-sendiri melainkan menuju ke satu tujuan yaitu tujuan perusahaan.
(3) Sifatnya Beragam
Dalam realitas dapat dilihat bahwa perusahaan-perusahaan punya cara beroperasi yang berbeda satu sama lainnya. Tidak ada perusahaan yang sama persis baik dalam ukuran skala usaha, bentuk maupun jenis usahanya.
(4) Sifatnya Saling Tergantung
Pada umumnya, suatu perusahaan tergantung pada perusahaan lainnya, setidaknya kepada perusahaan pemasok bahan bakunya.
(5) Sifatnya Dinamis
Sifat dinamis dibutuhkan perusahaan dalam rangka mempertahankan eksistensinya di masa mendatang. Agar dapat bertahan, perusahaan harus mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan kekuatan dan tekanan yang berasal dari luar perusahaan ataupun dalam perusahaan itu sendiri.
2.3.4 Fungsi-fungsi Perusahaan
Dalam mencapai tujuan dikenal dua fungsi perusahaan, yaitu fungsi operasi dan fungsi manajemen. Bila kedua fungsi tersebut dapat berjalan baik, perusahaan akan dapat menjalankan operasinya dengan lancar, terkoordinasi, terintegrasi, dalam rangka mencapai tujuan perusahaan.
Termasuk dalam fungsi operasi adalah :
1. Pembelian dan produksi
2. Pemasaran
3. Keuangan
4. Personalia
5. Akuntansi
6. Administrasi
7. Teknologi informasi/ komputasi
8. Transformasi dan komunikasi
9. Pelayanan Umum
10. Hukum
Termasuk dalam fungsi manajemen adalah :
1. Perencanaan
2. Pengorganisasian
3. Pengarahan
4. Pengendalian

2.3.5 Ciri-ciri Perusahaan
- Operatif
Dalam hal ini, pada sebuah perusahaan adanya aktivitas ekonomi yang berkenan dengan kegiatan produksi, penyedian, ataupun pendistribusian barang/jasa.
- Koordinatif
Untuk mencapai tujuannya, diperlukan koordinasu agar semua bagian dalam perusahaan dapat bergerak ke arah yang sama dan saling mendukung satu sama lain.
- Reguler
Dalam ypaya mencapai kesinambungan perusahaan, diperlukan keteraturan yang dapat mendukung aktivitasnya agar dapat selalu bergerak maju.
- Dinamis
Lingkungan selalu berubah. Agar dapat bertahan terus, perusahaan harus mampu mengikuti dan menyesuaikan diri terhadap perubahan.
- Formal
Untuk memenuhi keadaan ini, perusahaan selaku pelaku ekonomi harus merupakan lembaga resmi yang terdaftar di pemerintah serta tunduk kepada peraturan-peraturan yang berlaku setelah memenuhi persyaratan pendiriannya.
- Lokasi 
Dalam hal ini perusahaan didirikan pada suatu tempat tertentu dalam suaru kawasan yang secara geografis jelas.
- Pelayanan Bersyarat
Dalam menghasilkan barang dan jasa, perusahaan terkait tujuannya. Dalam hal ini perusahaan menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang memerlukan dan bersedia serta mampu membelinya, sehingga perusahaan bisa memperoleh laba agar dapat tetap bertahan dan berkembang.

sumber : Fuad, M dkk. 2000. Pengantar Bisnis. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

ATTENTION : NO COPY PASTE !!!!, NO COPY PASTE!!!! , NO COPY PASTE !!!!. HARGAI KERJA KERASKU MERANGKUM BAB INI SEHARIAN. TERIMA KASIH :)


No comments:

Post a Comment