Monday, October 6, 2014

Tsantaaa " PENGANTAR BISNIS #SOFTSKILL BAB 2 "

MANAJEMEN DAN ORGANISASI


1. PENGERTIAN MANAJEMEN DAN MANAJER

Defininsi manajemen menurut Profesor Oei Liang Lie sebagai berikut :
      Manajemen adalah ilmu dan seni yang merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
      Manajemen merupakan sarana untuk mencapai tujuan organisasi dengan menmanfaatkan alat yang tersedia semaksimum mungkin.
      Manajemen merupakan kegiatan pokok yang dilakukan seorang pimpinan karena dia menjabat sebagai manajer untuk mengolah input menjadi output melalui proses manajemen, yang kalau digambarkan sebagai berikut :

       Dengan melihat gambaran proses input menjadi output, terlihat bahwa proses manajemen (kegiatan pengelolaan) merupakan tugas seorang manajer. Jadi manajer melaksanakan kegiatan planning, Organizing, Leading dan Controlling melalui peranan yang harus dilakukan antar pribadi yang sangat membantuu melaksanakan tugas perkerjaannya terutama informasi mengenai policy perusahaan dan peranan ketiga yang harus dilakukan seorang manajer yang tidak kalah pentingnya adalah cara manajer mengimplementasikan suatu keputusan perusahaan dalam kegiatan perusahaan.

       Jenjang Manjemen dalam organisasi pada dasarnya terbagi 3 bagian seperti yang tergambar di bawah ini :

2. FUNGSI MANAJEMEN

    Fungsi Manajemen adalah perincian dari kegiatan yang dilakukan oleh seorang manajer dalam mengelola perusahaan, di mana secara garis besar fungsi manajemen dibagi menjadi 5 bagian, yaitu :
a. Planning

b. Organizing

c. Directing


d. Coordinating

e. Controlling

3. ORGANISASI DAN PERILAKU KEORGANISASIAN

3.1 Pengertian Organisasi
      Organisasi merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan perusahaan melalui pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen yang dilakukan seorang pimpinan dengan organisasi terutama struktur organisasi yang dianut.

Organisasi mencakup 3 elemen pokok :
1. Interaksi Manusia.
2. Kegiatan yang mengarah pada tujuan.
3. Struktur organisasi itu sendiri.

3.1.1 Pola Organisasi
     Pola Organisasi Dibagi 2 bagian yaitu Organisasi Formal dan Organisasi Informal.
1. Organisasi Formal ialah Organisasi yang dibentuk secara sadar dan mempunyai tujuan tertentu yang disadari pula dengan menggunakan sistem tugas, hubungan wewenang, tanggung jawab maupun pertanggungjawaban dirancang oleh manajer agar perkerjaan dapat dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang telah disepakati bersama.
2. Organisasi Informal ialah Organisasi yang tercipta karena adanya hubungan antar pribadi yang secara tidak sadar terjadi keberadaannya tanpa didasarkan pada hubungan wewenang formal pada struktur organisasi maupun kesepakatan bersama.

3.1.2 Struktur Organisasi
      Struktur Organisasi adalah kelanjutan dari dua bentuk pola organisasi, organisasi ini secara otomatis merupakan perwujudan struktur organisasi formal dengan jalan menganalisis jabatan-jabatan apa yang harus diperlukan dalam mencapai tujuan.

3.1.3 Bentuk Organisasi
a. Organisasi Lini
b. Organisasi Fungsional
c. Organisasi Lini dan Staff
d. Organisasi Matrik
e. Organisasi Komite

3.2 Perilaku Keorganisasian
      Merupakan pemahaman tentang bagaimana dan mengapa orang berperilaku dalam organisasi kerja, sehingga yang diperhatikan masalah personalia atau karyawan yang berkerja khususnya perilaku mereka dalam berkerja.
A. Kerja Kelompok
     Kelompok kerja akan terbentuk dalam setiap organisasi dikarenakan manusia pada dasarnya mempunyai kebutuhan yang harus dipenuhi yaitu kebutuhan akan berhubungan dengan orang lain.
B. Motivasi
     Merupakan dorongan dari dalam diri setiap orang yang menyebabkan seseorang berperilaku seperti yang mereka lakukan
Proses Motivasi digambarkan di bawah ini :
Jadi kalau kebutuhan paling bawah sudah terpenuhi maka kebutuhan atasnya yang menjadi motif mereka dalam berkerja dan seterusnya. Kalau digambarkan pemuasan kebutuhan dari A. Maslow adalah berjenjang dari bawah ke atas, gambarnya sebagai berikut :

No comments:

Post a Comment