DOSEN : ROWLAND BISMARK FERNANDO PASARIBU
MATA KULIAH : PENGANTAR BISNIS (SOFTSKILL)
TANGGAL POST : 6 NOVEMBER 2014
SESUAI SAP BABI PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN
MATA KULIAH : PENGANTAR BISNIS (SOFTSKILL)
TANGGAL POST : 6 NOVEMBER 2014
SESUAI SAP BABI PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN
UNIVERSITAS GUNADARMA 2014
BAB 2 PERUSAHAAN
DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN
2.1 PERUSAHAAN
Perusahaan adalah suatu unit kegiatan yang melakukan
aktivitas pengolahan faktor-faktor produksi, untuk menyediakan barang-barang
dan jasa bagi masyarakat, mendistribusikannya, serta melakukan upaya-upaya lain
dengan tujuan memperoleh keuntungan dan memuaskan kebutuhan masyarakat.
2.2 TEMPAT DAN KEDUDUKAN DAN LETAK
PERUSAHAAN
Tempat dan letak perusahaan adalah salah satu faktor pendukung
penting yang dapat menjamin tercapainya tujuan perusahaan. Ketepatan pemilihan
letak dan tempat perusahaan akan memberikan bantuan yang sangat berharga, baik
dalam kaitannya dengan kemudahan.
2.2.1 Tempat Kedudukan Perusahaan
Adalah kantor pusat perusahaan tersebut. Pada umumnya
dipengaruhi faktor kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga lain, seperti
lembaga pemerintah, lembaga keuangan, pelanggan, dsb.
2.2.2 Letak Perusahaan
Adalah tempat perusahaan melalkukan kegiatan fisik/pabrik,
dipengaruhi oleh faktor ekonomi dan merupakan salah satu faktor penting yang
menunjang efisiensi perusahaan terutama dalam kaitannya dengan biaya.
Faktor-faktor yang mempengaruhi biaya :
- Harga dan bahan mentah
- Tingkat upah buruh
- Tanah
- Pajak
- Tingkat bunga
- Biaya alat produksi tahan lama
- Biaya atas jasa pihak ketiga
2.2.3 Jenis-jenis Letak Perusahaan
Dibedakan
menjadi 4, yaitu :
1. Terikat keadaan alam
Pada
umumnya karena ketersediaan dan kemudahan bahan baku. Perusahaan yang berkaitan
dengan bahan-bahan tambang pada umumnya terletak di daerah faktor produksi
alamnya.
2. Terikat Sejarah
Perusahaan
menjalankan aktivitasnya di suatu daerah tertentu karena alasan yang
hanya dapat dijelaskan berdasarkan sejarah.
3. Terikat oleh Pemerintah
Letak
perusahaan ditentukan oleh pemerintah atas dasar pertimbangan keamanan,
politik, kesehatan, dsb.
4. Dipengaruhi oleh faktor-faktor
ekonomi
Berpengaruh penting dalam kaitannya dengan pemilihan letak
perusahaan yang bersifat industri adalah kedekatan dan ketersedian bahan
mentah, ketersedian tenaga air, ketersedian tenaga kerja, ketersedian modal,
kemudahan transportasi serta kedekatan pasar dan kesesuain iklim.
2.3 PERUSAHAAN DAN LEMBAGA SOSIAL
Dalam pendekatan ekonomi, pemisahan terpenting dalam
menganalisis kegiatan perusahaan adalah perusahaan akan melakukan kegiatan
produksinya hingga mencapai tingkat keuntungan maksimum. Di sisi lain
perusahaan merupakan suatu unit kegiatan produksi yang menyediakan barang dan
jasa bagi masyarakat. Unit kegiatan seperti ini disebut sebagai lembaga sosial
seperti halnya lembaga sosial lainnya, misalnya kehidupan keluarga, RT,
Yayasan, Koperasi dsb.
2.3.1 Tujuan Pendirian Perusahaan
Secara umum tujuan pendirian perusahaan dapat dibedakan
menjadi tujuan ekonomis dan tujuan sosial. Tujuan ekonomis berkenan dengan
upaya perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya, dalam hal ini perusahaan
berupaya menciptakan laba, menciptakan pelanggan, dan menjalankan upaya-upaya
pengembangan dengan memusatkan perhatian pada kebutuhan masyarakat dalam hal
produk yang diinginkan, kualitas, harga, kuantitas, waktu pelayanan, kegunaan
produk yang berkesinambungan sehingga perusahaan mampu mencapai competitive
advantage dan comparative advantage dalam jangka panjang. Sedangkan untuk
tujuan sosial, perusahaan diharapkan untuk memperhatikan keinginan investor,
karyawan, penyedia faktor-faktor produksi, maupun masyarakat luas. Kedua tujuan
perusahaan tersebut saling mendukung untuk mencapai tujuan utama perusahaan,
yaitu memberikan kepuasaan kepada keinginan konsumen ataupun pelanggan.
Dengan demikian yang membedakan perusahaan dengan lembaga
sosial terletak pada penekanan/prioritas perusahaan terhadap laba, kelangsungan
hidup dan tanggung jawab sosial.
Lembaga
sosial lebih menitikberatkan prioritasnya pada tanggung jawab sosial.
Sebaliknya, perusahaan yang beorientasi pada perolehan keuntungan.
2.3.2 Perusahaan Sebagai Suatu
Sistem
Sistem adalah suatu kesatuan dari unit-unit yang saling
berinteraksi, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka mencapai
tujuan tertentu. Perusahaan adalah suatu sistem karena merupakan kombinasi dari
berbagai sumber ekonomi tang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi
proses produksi serta distribusi barang dan jasa untuk mencapai tujuan
tertentu.
Secara umum, dunia usaha didirikan untuk memenuhi keinginan
manusia akan barang dan jasa. Dengan demikian perusahaan harus memperhitungkan
dampak sosial ekonomi yang akan dirasakan oleh pihak-pihak terkait dengan
kebijakan yang diambilnya. Dalam hal ini, tanggung jawab sosial perusahaan
berhubungan dengan perusahaan lain, konsumen, karyawan, investor, masyarakat
secara keseluruhan, lingkungan eksternal maupun alam.
2.3.3 Sifat Sistem Perusahaan
Sistem
perusahaan memiliki beberapa sifat :
(1) Kompleks
Secar keseluruhan, unit-unit
perusahaan akan saling berkerja sama dan saling mempengaruhi untuk mencapai
tujuan perusahaan. Hubungan yang terjadi itu sangat kompleks bila penelusuran
dilakukan secara menyeluruh.
(2) Sebagai Suatu Kesatuan/Unit
Dalam kenyataannya, walaupun
perusahaan terdiri atas banyak bagian, proses kegiatan yang dijalankan tidak
memungkinkan mereka untuk berjalan sendiri-sendiri melainkan menuju ke satu
tujuan yaitu tujuan perusahaan.
(3) Sifatnya Beragam
Dalam realitas dapat dilihat bahwa
perusahaan-perusahaan punya cara beroperasi yang berbeda satu sama lainnya.
Tidak ada perusahaan yang sama persis baik dalam ukuran skala usaha, bentuk
maupun jenis usahanya.
(4) Sifatnya Saling Tergantung
Pada umumnya, suatu perusahaan
tergantung pada perusahaan lainnya, setidaknya kepada perusahaan pemasok bahan
bakunya.
(5) Sifatnya Dinamis
Sifat dinamis dibutuhkan perusahaan
dalam rangka mempertahankan eksistensinya di masa mendatang. Agar dapat
bertahan, perusahaan harus mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan kekuatan
dan tekanan yang berasal dari luar perusahaan ataupun dalam perusahaan itu
sendiri.
2.3.4 Fungsi-fungsi Perusahaan
Dalam mencapai tujuan dikenal dua
fungsi perusahaan, yaitu fungsi operasi dan fungsi manajemen. Bila kedua fungsi
tersebut dapat berjalan baik, perusahaan akan dapat menjalankan operasinya
dengan lancar, terkoordinasi, terintegrasi, dalam rangka mencapai tujuan
perusahaan.
Termasuk dalam fungsi operasi adalah
:
1. Pembelian dan produksi
2. Pemasaran
3. Keuangan
4. Personalia
5. Akuntansi
6. Administrasi
7. Teknologi informasi/ komputasi
8. Transformasi dan komunikasi
9. Pelayanan Umum
10. Hukum
Termasuk dalam fungsi manajemen
adalah :
1. Perencanaan
2. Pengorganisasian
3. Pengarahan
4. Pengendalian
2.3.5 Ciri-ciri Perusahaan
- Operatif
Dalam hal ini, pada sebuah
perusahaan adanya aktivitas ekonomi yang berkenan dengan kegiatan produksi,
penyedian, ataupun pendistribusian barang/jasa.
- Koordinatif
Untuk mencapai tujuannya, diperlukan
koordinasu agar semua bagian dalam perusahaan dapat bergerak ke arah yang sama
dan saling mendukung satu sama lain.
- Reguler
Dalam ypaya mencapai kesinambungan
perusahaan, diperlukan keteraturan yang dapat mendukung aktivitasnya agar dapat
selalu bergerak maju.
- Dinamis
Lingkungan selalu berubah. Agar
dapat bertahan terus, perusahaan harus mampu mengikuti dan menyesuaikan diri
terhadap perubahan.
- Formal
Untuk memenuhi keadaan ini,
perusahaan selaku pelaku ekonomi harus merupakan lembaga resmi yang terdaftar
di pemerintah serta tunduk kepada peraturan-peraturan yang berlaku setelah
memenuhi persyaratan pendiriannya.
- Lokasi
Dalam hal ini perusahaan didirikan
pada suatu tempat tertentu dalam suaru kawasan yang secara geografis jelas.
- Pelayanan Bersyarat
Dalam menghasilkan barang dan jasa,
perusahaan terkait tujuannya. Dalam hal ini perusahaan menghasilkan barang dan
jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang memerlukan dan bersedia serta
mampu membelinya, sehingga perusahaan bisa memperoleh laba agar dapat tetap
bertahan dan berkembang.
sumber : Fuad, M dkk. 2000. Pengantar Bisnis. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.
ATTENTION : NO COPY PASTE !!!!, NO COPY PASTE!!!! , NO COPY PASTE !!!!. HARGAI KERJA KERASKU MERANGKUM BAB INI SEHARIAN. TERIMA KASIH :)
No comments:
Post a Comment