DOSEN
: ROWLAND BISMARK FERNANDO PASARIBU
MATA KULIAH : PENGANTAR BISNIS (SOFTSKILL)
TANGGAL POST : 11 NOVEMBER 2014
SESUAI SAP BAB VI PEMASARAN
MATA KULIAH : PENGANTAR BISNIS (SOFTSKILL)
TANGGAL POST : 11 NOVEMBER 2014
SESUAI SAP BAB VI PEMASARAN
UNIVERSITAS GUNADARMA
2014
BAB 6 PEMASARAN
6.1 PENGERTIAN PASAR DAN PEMASARAN
Pasar adalah tempat pertemuan antara penjual dan pembeli,
atau, lebih jelasnya, daerah, tempat, wilayah, area yang mengandung kekuatan
permintaan dan penawaran yang saling bertemu dan membentuk harga.
Stanton, mengemukakan pengertian pasar yang lebih luas, Pasar
adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja,
dan kemauan untuk membelanjakannya.
6.2 KONSEP-KONSEP INTI PEMASARAN
Pemasaran sebagai suatu proses sosial dan manajerial dimana
individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan
cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain.
Konsep-konsep pemasaran yaitu :
•
Kebutuhan
Adalah
suatu keadaan perasaan yang membutuhkan pemenuhan terhadap sesuatu, seperti
makanan, minuman, pakaian dsb
•
Keinginan
Adalah
yang menyangkut keinginan manusia, yaitu kebutuhan yang dibentuk oleh budaya
dan pribadi seseorang.
•
Permintaan
Manusia
memiliki kebutuhan/keinginan yang tidak terbatas. Keinginan manusia akan
menjadi permintaan apabila didukung biaya beli.
•
Produk
Adalah
sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk mendapatkan perhatian untuk
dimiliki, digunakan, ataupun dikomsumsi dalam rangka memenuhi kebutuhan atau
keinginan.
•
Pertukaran
Adalah
kegiatan untuk memperoleh barang/jasa yang diinginkan dari pihak-pihak lain
dengan memberikan sesuatu sebagai gantinya.
•
Transaksi
Transaksi
melibatkan sedikitnya dua barang/jasa yang bernilai, syarat-syarat yang
disepakati, waktu kesepakatan, dan tempat kesepakatan.
•
Pasar
Adalah
himpunan pembeli nyata dan pembeli potensial atas suatu produk.
6.3 MANAJEMEN PEMASARAN
Manajemen perusahaan adalah suatu analisis, perencanaan,
implementansi dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk
menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang bermanfaat dengan
pembeli untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. Manajemen perusahaan berupaya
mempengaruhi tingkat, dan karakter pimpinan dengan cara yang akan membantu
pencapaian tujuan organisasi.
6.3.1 Keadaan Permintaan dan Tugas
Pasar
1. Permintaan Negatif (Negative
Demand)
2. Tidak Ada Permintaan (No demand)
3. Permintaan Terpendam ( Latent
Demand)
4. Permintaan Menurun (Falling
Demand)
5. Permintaan yang Tidak Teratur (
Irregular Demand)
6. Permintaan Penuh ( Full Demand)
7. Permintaan yang Berlebihan
(Overfull Demand)
8. Permintaan yang tidak sehat (
Unwholesome Demand)
6.3.2 Falsafah Manajemen Perusahaan
Ada
5 konsep dalam manajemen perusahaan
1.
Konsep Produksi
Konsep
ini menyatakan bahwa konsumen akan menyukai produk-produk yang terjangkau oleh
kemampuan mereka.
2.
Konsep Produk
Konsep
ini berpegang teguh pada anggapan bahwa konsumen akan menyenangi produk yang
menawarkan mutu, penampilan, maupun keistimewaan dibandingkan produk sejenis.
3.
Konsep Penjualan
Konsep
ini menekankan pada anggapan bahwa konsumen tidaka akan membeli produk, jika
organisasi tidak melakukan usaha-usaha promosi dan penjualan.
4.
Konsep Pemasaran
Konsep
ini, kunci untuk mencapai keberhasilan sasaran organisasi adalah kejelian dalam
menentukan kebutuhan dan keinginan pasar.
5.
Konsep Pemasaran Kemasyarakatan
Konsep
ini tugas organisasi berhubungan dengan penentuan kebutuhan, keinginan, serta
minat pasar sasaran dan untuk memberikan yang lebih efisien dan efektif.
6.4 BAURAN PEMASARAN ( MARKETING MIX
)
Bauran
pemasaran adalah kegiatan pemasaran yang terpadu dan saling menunjang satu sama
lain. Keberhasilan perusahaan dibidang pemasaran didukung oleh keberhasilan
dalam memilih produk yang tepat, harga layak, saluran distribusi yang baik dan
promosi yang efektif.
6.4.1 Produk
Produk
adalah barang atau jasa yang bisa ditawarkan di pasar untuk mendapatkan
perhatian, permintaan, pemakaian atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan
atau kebutuhan.
6.4.2 Harga
Harga
adalah sejumlah konpensasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi
barang atau jasa.
6.4.3 Saluran Distribusi
Saluran
Distribusi adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan produk
sampai ke konsumen atau berbagai aktivitas perusahaan yang mengupayakan agar
produk sampai ke tangan produsen.
6.4.4 Promosi
Promosi
adalah bagian dari bauran pemasaran yang besar peranannya. Promosi merupakan
kegiatan-kegiatan yang secara aktif dilalakukan perusahaan untuk mendorong
konsumen membeli produk yang ditawarkan.
6.5 TUJUAN SISTEM PEMASARAN
Sistem pemasaran melibatkan banyak kegiatan pemasaran yang
mempengaruhi banyak pihak, seperti pembeli, penjual, maupun kelompok masyarakat
yang menginginkan produk-produk bermutu dengan harga wajar serta lokasi atau
tempat yang mudah terjangkau. Ada 4 alternatif yang menjadi tujuan sistem
pemasaran :
1. Memaksimalkan Konsumsi
2. Memakaimalkan kepuasaan Konsumen
3. Memaksimalkan Pilihan
4. Memaksimalkan Kulitas Hidup
6.6 PENDEKATAN DALAM MEMPELAJARI
PEMASARAN
Berbagai pendekatan yaitu :
1.
Pendekatan serba barang (Commodity
Approach)
Merupakan
pendekatan yang melibatkan studi tentang bagaimana produk-produk tertentu
berpindah dari produsen ke komsumen.
2.
Pendekatan Institusi (Institutional
Approach)
Pendekatan
serba lembaga ini mempelajari pemasaran dari segi organisasi/lembaga-lembaga.
Lembaga-lembaga:
ü
Penyedia bahan (Supplier) yang
menyediakan bahan kepada produsen
ü
Produsen yang mengolah bahan mentah
menjadi barang jadi
ü
Perantara agen
ü
Perusahaan saingan
ü
Konsumen akhir
3.
Pendekatan Fungsional (Functional
Approach)
Jumlah
dan macam fungsi ini tergantung pada macam produk dan kebiasaan dalam
perdangangan
4.
Pendekatan Manajerial (Managerial
Approach)
Pendekatan
ini mempelajari pemasaran berdasarkan pendapat manajer serta keputusan yang
diambilnya.
5.
Pendekatan sosial (Social Approach)
Pendekatan sosial memberikan perhatian pada kontribusi
sosial dan biaya yang timbul akibat aktivitas pemasaran.
sumber : Fuad, M
dkk. 2000. Pengantar Bisnis. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.
ATTENTION : NO COPY PASTE !!!!, NO COPY PASTE!!!! , NO COPY
PASTE !!!!. HARGAI KERJA KERASKU MERANGKUM BAB INI SEHARIAN. TERIMA KASIH :)
No comments:
Post a Comment