GUNADARMA UNIVERSITY

Monday, November 10, 2014

TSANTAAA BAB VI PEMASARAN


DOSEN                   : ROWLAND BISMARK FERNANDO PASARIBU
MATA KULIAH     : PENGANTAR BISNIS (SOFTSKILL)
TANGGAL POST   : 11 NOVEMBER 2014
SESUAI SAP BAB VI PEMASARAN
UNIVERSITAS GUNADARMA 2014


BAB 6 PEMASARAN

6.1 PENGERTIAN PASAR DAN PEMASARAN
Pasar adalah tempat pertemuan antara penjual dan pembeli, atau, lebih jelasnya, daerah, tempat, wilayah, area yang mengandung kekuatan permintaan dan penawaran yang saling bertemu dan membentuk harga.
Stanton, mengemukakan pengertian pasar yang lebih luas, Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja, dan kemauan untuk membelanjakannya.

6.2 KONSEP-KONSEP INTI PEMASARAN
Pemasaran sebagai suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain. Konsep-konsep pemasaran yaitu :
• Kebutuhan
Adalah suatu keadaan perasaan yang membutuhkan pemenuhan terhadap sesuatu, seperti makanan, minuman, pakaian dsb
• Keinginan
Adalah yang menyangkut keinginan manusia, yaitu kebutuhan yang dibentuk oleh budaya dan pribadi seseorang.
• Permintaan
Manusia memiliki kebutuhan/keinginan yang tidak terbatas. Keinginan manusia akan menjadi permintaan apabila didukung biaya beli.
• Produk
Adalah sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk mendapatkan perhatian untuk dimiliki, digunakan, ataupun dikomsumsi dalam rangka memenuhi kebutuhan atau keinginan.
• Pertukaran
Adalah kegiatan untuk memperoleh barang/jasa yang diinginkan dari pihak-pihak lain dengan memberikan sesuatu sebagai gantinya.
• Transaksi
Transaksi melibatkan sedikitnya dua barang/jasa yang bernilai, syarat-syarat yang disepakati, waktu kesepakatan, dan tempat kesepakatan.
• Pasar
Adalah himpunan pembeli nyata dan pembeli potensial atas suatu produk.

6.3 MANAJEMEN PEMASARAN
Manajemen perusahaan adalah suatu analisis, perencanaan, implementansi dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang bermanfaat dengan pembeli untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. Manajemen perusahaan berupaya mempengaruhi tingkat, dan karakter pimpinan dengan cara yang akan membantu pencapaian tujuan organisasi.

6.3.1 Keadaan Permintaan dan Tugas Pasar
1. Permintaan Negatif (Negative Demand)
2. Tidak Ada Permintaan (No demand)
3. Permintaan Terpendam ( Latent Demand)
4. Permintaan Menurun (Falling Demand)
5. Permintaan yang Tidak Teratur ( Irregular Demand)
6. Permintaan Penuh ( Full Demand)
7. Permintaan yang Berlebihan (Overfull Demand)
8. Permintaan yang tidak sehat ( Unwholesome Demand)

6.3.2 Falsafah Manajemen Perusahaan
Ada 5 konsep dalam manajemen perusahaan
1.      Konsep Produksi
Konsep ini menyatakan bahwa konsumen akan menyukai produk-produk yang terjangkau oleh kemampuan mereka.
2.      Konsep Produk
Konsep ini berpegang teguh pada anggapan bahwa konsumen akan menyenangi produk yang menawarkan mutu, penampilan, maupun keistimewaan dibandingkan produk sejenis.
3.      Konsep Penjualan
Konsep ini menekankan pada anggapan bahwa konsumen tidaka akan membeli produk, jika organisasi tidak melakukan usaha-usaha promosi dan penjualan.
4.      Konsep Pemasaran
Konsep ini, kunci untuk mencapai keberhasilan sasaran organisasi adalah kejelian dalam menentukan kebutuhan dan keinginan pasar.
5.      Konsep Pemasaran Kemasyarakatan
Konsep ini tugas organisasi berhubungan dengan penentuan kebutuhan, keinginan, serta minat pasar sasaran dan untuk memberikan yang lebih efisien dan efektif.

6.4 BAURAN PEMASARAN ( MARKETING MIX )
Bauran pemasaran adalah kegiatan pemasaran yang terpadu dan saling menunjang satu sama lain. Keberhasilan perusahaan dibidang pemasaran didukung oleh keberhasilan dalam memilih produk yang tepat, harga layak, saluran distribusi yang baik dan promosi yang efektif.

6.4.1 Produk 
Produk adalah barang atau jasa yang bisa ditawarkan di pasar untuk mendapatkan perhatian, permintaan, pemakaian atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan.
6.4.2 Harga
Harga adalah sejumlah konpensasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi barang atau jasa.
6.4.3 Saluran Distribusi
Saluran Distribusi adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan produk sampai ke konsumen atau berbagai aktivitas perusahaan yang mengupayakan agar produk sampai ke tangan produsen.
6.4.4 Promosi
Promosi adalah bagian dari bauran pemasaran yang besar peranannya. Promosi merupakan kegiatan-kegiatan yang secara aktif dilalakukan perusahaan untuk mendorong konsumen membeli produk yang ditawarkan.

6.5 TUJUAN SISTEM PEMASARAN
Sistem pemasaran melibatkan banyak kegiatan pemasaran yang mempengaruhi banyak pihak, seperti pembeli, penjual, maupun kelompok masyarakat yang menginginkan produk-produk bermutu dengan harga wajar serta lokasi atau tempat yang mudah terjangkau. Ada 4 alternatif yang menjadi tujuan sistem pemasaran :
1. Memaksimalkan Konsumsi
2. Memakaimalkan kepuasaan Konsumen
3. Memaksimalkan Pilihan
4. Memaksimalkan Kulitas Hidup

6.6 PENDEKATAN DALAM MEMPELAJARI PEMASARAN
Berbagai pendekatan yaitu :
1.      Pendekatan serba barang (Commodity Approach)
Merupakan pendekatan yang melibatkan studi tentang bagaimana produk-produk tertentu berpindah dari produsen ke komsumen.
2.      Pendekatan Institusi (Institutional Approach)
Pendekatan serba lembaga ini mempelajari pemasaran dari segi organisasi/lembaga-lembaga. Lembaga-lembaga:
ü  Penyedia bahan (Supplier) yang menyediakan bahan kepada produsen
ü  Produsen yang mengolah bahan mentah menjadi barang jadi
ü  Perantara agen
ü  Perusahaan saingan
ü  Konsumen akhir
3.      Pendekatan Fungsional (Functional Approach)
Jumlah dan macam fungsi ini tergantung pada macam produk dan kebiasaan dalam perdangangan
4.      Pendekatan Manajerial (Managerial Approach)
Pendekatan ini mempelajari pemasaran berdasarkan pendapat manajer serta keputusan yang diambilnya.
5.      Pendekatan sosial (Social Approach)
Pendekatan sosial memberikan perhatian pada kontribusi sosial dan biaya yang timbul akibat aktivitas pemasaran.

sumber : Fuad, M dkk. 2000. Pengantar Bisnis. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

ATTENTION : NO COPY PASTE !!!!, NO COPY PASTE!!!! , NO COPY PASTE !!!!. HARGAI KERJA KERASKU MERANGKUM BAB INI SEHARIAN. TERIMA KASIH :) 

No comments:

Post a Comment