GUNADARMA UNIVERSITY

Monday, November 9, 2015

TUGAS 7 EKONOMI KOPERASI: KOPERASI DI INDONESIA DAN CONTOH KOPERASI SUKSES

     Koperasi di Indonesia berkembang dari waktu ke waktu sampai sekarang. Perkembangan koperasi ini diatur dalam UU No.12 Tahun 1967 serta UU No.25 Tahun 1992 (Arifin Sitio dan Halamoan Tamba, Koperasi:Teori dan Praktik, 2001, Hal. 12). Undang-undang ini di buat pemerintah untuk memajukan koperasi di Indonesia. Indonesia terus mengupayakan pengembangan beberapa macam koperasi, termasuk salah satunya koperasi simpan pinjam. Indonesia memiliki bermacam-macam bentuk koperasi termasuk di dalamnya koperasi simpan pinjam, koperasi tersebut termasuk dalam pembagian koperasi berdasarkan fungsinya.

     Koperasi memiliki peluang yang besar untuk menjadi sebuah institusi yang dapat diandalkan dalam membangun serta mengembangkan faktor ekonomi dan sosial masyarakat. Peluang tersebut dapat terwujud jika dalam pengelolaan koperasi ditunjang dengan kepemilikkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan yang menunjang dalam upaya menuju keberhasilan koperasi. Koperasi tidak terlepas dari manajemen yang menentukan keberhasilan koperasi kedepannya. Seperti yang diungkapkan pleh Partadiredja (1995:9) "Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan suatu Koperasi adalah Manajemen". Dengan kata lain berhasil tidaknya koperasi sangat tergantung pada kemampuan manajemen, yang dalam hal ini dapat dilaksanakan oleh pengurus ataupun manajer.

     Salah satu koperasi yang tumbuh menjadi koperasi sukses yaitu Koperasi Simpan Pinjam (Kospin Jasa). Berawal dari modal kecil, Kospin Jasa Pekalongan berdiri pada tanggal 13 Desember 1973 dengan modal awal 4 juta rupiah, yang beroperasi di 6 kecamatan di Pekalongan. Pendiri Kospin Jasa sebagian besar adalah pengurus koperasi batik PPIP yang berlatar belakang etnis yaitu pribumi, Arab, dan Cina. Memang salah satu tujuan pendiriannya untuk pembauran etnis. Pembauran ini sampai sekarang terus berlanjut, baik di tingkat pengurus, pengawas, maupun karyawan.

     Kospin Jasa memiliki beberapa penghargaan antara lain Koperasi Teladan Utama Tingkat Nasional tahun 2010, pelopor Penggerak Kewirausahaan Nasional tahun 2011, Koperasi Multikultural Berbasis Komunitas Terbesar di Indonesia, dan ditetapkan menjadi koperasi terbesar di Indonesia yang ditetapkan oleh Kementrian Koperasi dan UKM tahun 2012. Kospin Jasa mengungguli Koperasi Warga Semen di Gresik, Koperasi Peternak Susu Bandung, Koperasi Obor Mas di Kupang, dan Induk Koperasi Simpan Pinjam di Jakarta. Ketika terpilih sebagai koperasi terbaik di Indonesia pada pertengahan 2012 asetnya sebesar Rp 2,5 triliun, tiga bulan kemudian asetnya meningkat menjadi Rp 2,8 triliun. Kesuksesan ini memberikan kebanggaan dan kesejahteraan bagi anggotanya, hal tersebut membuktikan adanya peningkatan kualitas koperasi. Peningkatan kualitas koperasi Kospin Jasa  ini terus berkembang hingga saat ini.


Daftar Pustaka :

1. Sitio, Arifin; Halomoan Tamba. 2001. Koperasi; Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga.
2. Partadireja, Ace. 1995. Manajemen Koperasi. Jakarta: Bhratara.
3. Partomo, Tiktik Sartika. 2008. Ekonomi Koperasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

No comments:

Post a Comment