GUNADARMA UNIVERSITY

Thursday, October 16, 2014

Tsantaaa " PENGANTAR BISNIS #SOFTSKILL BAB 3 "

PERSONALIA

       Berdirinya perusahaan akan menimbulkan kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk menunjang keberhasilan operasional. Adapun fungsi perusahaan dibagi menjadi 4 yaitu :
1. Personalia
2. Pembelanjaan
3. Produksi
4. Pemasaran

      Fungsi perusahaan atau manajemen perusahaan dalam bagan akan terlihat sebagai berikut :
1. PENGERTIAN MANAJEMEN PERSONALIA
    Manajemen personalia merupakan fungsi bagian dari manajemen yang berkaitan dengan manusia khususnya bagaimana menjalin kerjasama dalam mengembangkan dan menumbuhkan berbagai kebijaksanaan dalam mempengaruhi orang-orang yang membentuk organisasi maupun dalam membantu para pimpinan sebagai manajer untuk mengelola SDM yang dimiliki perusahaan.

1.1 FUNGSI MANAJERIAL dari manajemen personalia terhadap SDM :
a. Perencanaan
b. Pengorganisasian
c. Pengarahan
d. Pengawasan
1.2 FUNGSI OPERASIONAL dari manajemen personalia terdiri :
a. Fungsi Pengadaan
b. Fungsi Pengembangan
c. Fungsi Kompensasi
d. Fungsi Integrasi
e. Fungsi Pemeliharaan
1.3 Peranan manajemen personalia adalah berupaya untuk mengintegrasikan tujuan perseorangan, perusahaan maupun masyarakat.
1.1. FUNGSI MANAJERIAL MANAJEMEN PERSONALIA
       Adalah seorang manajer yang mau tidak mau juga harus menjalankan fungsi-fungsi manajerial yaitu perencanaan. Perencanaan dari manajer personalia ditetapkan dengan jalan menentukan suatu program yang bertujuan untuk membantu dalam proses pencapaian tujuan dengan melibatkan partisipasi secara aktif dari manajer personalia dalam bidang SDM.
1.2. FUNGSI OPERASIONAL MANAJEMEN PERSONALIA
a. Pengadaan Karyawan
    Untuk memperoleh tenaga kerja yang dibutuhkan harus dilihat dulu dari mana sebaiknya yang akan dipakai, karena pada dasarnya sumber untuk melakukan penarikan tenaga kerja dapat dibagi 2 :
Kegiatan yang berhubungan dengan penentuan kualitas yang diperlukan  suatu jabatan  ada 3 macam yaitu :
Kegiatan yang harus dilakukan  dalam penarikan didalam pemilihan tenaga kerja yaitu 
1. Wawancara Pendahuluan 
2. Pengisian Blanko
3. Pemeriksaan Referensi
4. Test Psikologi
5. Wawancara
6. Persetujuan Supervisor
7. Pemeriksaan Kesehatan Fisik

b. Pengembangan Tenaga Kerja
    Bertujuan untuk meningkatkan keahlian dan keterampilan melalui pendidikan dan latihan. Latihan dan training  juga berhubungan erat dengan 3 kegiatan dalam penarikan tenaga kerja yaitu analisa jabatan, spesifikasi jabatan dan deskripsi jabatan.
    Adapun latihan dan training dibedakan menjadi 2 macam :
1. Metoda latihan untuk karyawan yang non manajerial, ada beberapa macam lagi yaitu :
a. Metoda dalam perkerjaan yaitu
    - On the job
    - Apprentice ship
b. Metoda di luar perkerjaan
    - Vestibule School
    - Kursus
2. Metoda latihan untuk karyawan manajerial juga dibagi 2 :
a. On The Job Method
     misalnya : Coaching, magang, tour of duty, penugasan panitia dsb.
b. Off The Job Method
     misalnya : Simulasi, pertemuan khusus, latihan kepekaan,latihan dsb
hal 47

No comments:

Post a Comment